Hal yang sering terjadi memasuki Ramadhan Harga Barang kebutuhan Pokok cenderung naik tidak tanggung-tanggung kenaikan nya sampai 50% , ditambah lagi saat ini kebijakan pemerintah menaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) kebijakan sangat tidak populis dan tidak beroriantasi pada kebutuhan masyarakat, hal ini juga pemicu kenaikan kenaikan harga sembako saat ini.

Sepertinya budaya kenaikan Harga sembako sudah hal lumrah, yang tidak perlu menjadi perhatian Pemerintah, hal ini berulang terus dari tahun ketahun. PERIHATIN……, Tetapi kita tidak boleh mengeluh dan meratapi kondisi ini. Kita harus hadapi kenyataan ini dengan tenang dan mencari solusi terbaik.  Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menyiasati kenaikan harga sehingga tetap bisa memenuhi kebutuhan kita dengan baik,  antara lain :

1.  Membeli beberapa kebutuhan pokok minimal 1 bulan sebelum puasa :

Untuk mendapatkan harga yang cukup murah sebaiknya membeli kebutuhan misalnya beras atau gula atau jenis barang yang tidak mudah rusak jauh jauh hari , sehingga kita terhindar dari kenaikan harga barang yang melonjak tinggi.

2.  Membeli kebutuhan pokok lebih banyak dari biasanya :

Dalam hal berbelanja biasanya kalo kita membeli banyak harga agak miring alias murah, ini bisa kita lakukan dengan membeli secara bersama , mungkin ada beberapa keluarga yang juga membeli kebutuhan pokok uangnya digabung kemudian salah satu keluarga yang membeli, dampak lainya mengurangi biaya pembelian ato transportasi.

3.  Membeli langsung di Tempat Grosir :

Membeli kebutuhan pokok ditempat grosir pasti jauh lebih murang ketimbang membeli ditempat ritel, tentunya sebelumnya kita harus survei dulu dimana lokasi pusat pusat grosir untuk kebutuhan pokok.

4.  Membeli makanan instan :

Ada baiknya kita punya persiapan makanan instan seperti mie ato ikan kaleng, telur, untuk berjaga-jaga bilamana harga ikan dan lauk lainya naik.

5.  Tips lainya dengan cara menabung barang kebutuhan pokok :

Mungkin anda heran gimana caranya menabung  kebutuhan pokok, bisalah…..contohnya gula, di keluarga saya setiap bulan belanja kebutuhan pokok  gula ditabung ato disimpan 1 kg setiap bulan memasuki bulan ramadhan tersedia 12 kg gula ini cukup selama bulan Ramadhan malah sampai lebaran.

inilah tips menyiasati naiknya harga kebutuhan pokok selama bulan Ramadhan, semoga bermanfaat, mungkin masih banyak tips tips lainya, dan bersedia berbagi dengan saya.

Iklan